Sabtu, 01 September 2012

Latihan SAR gabungan bersama BASARNAS, TNI-AU dan Satuan Brimob bagi Jurnalis



Satuan Brimob Polda Sumut bekerjasama dengan Kantor SAR Medan dan TNI AU melaksanakan latihan gabungan Hely Rappeling. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para jurnalis dalam kesiapan dalam meliput operasi SAR di daerah yang terisolir dan beresiko tinggi. Kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan di lapangan Makosat Brimob polda Sumut Jl. KH. Wahid Hasyim Medan.   
Puluhan wartawan (Jurnalis) dari beberapa media cetak, elektronik TV dan Radio di Medan  serta 2 regu personil Sat Brimob mendapat Pelatihan “Hely Rappelling Jurnalis” yang diselenggarakan oleh BASARNAS melalui Kantor SAR Medan selama 2 hari yaitu pada tanggal 31 Agustus s/d 1 September 2012. Kegiatan ini merupakan Pelatihan yang pertama kali diadakan di Indonesia dan diselenggarakan di Kantor SAR Medan dan di Lapangan Mako Sat Brimob Polda Sumut.

Kepala Kantor SAR Medan Drs. Dianta Bangun, M.Kes melalui Kasi operasi, Joni Superiadi, SE. Usai memberikan pelatihan menyebutkan, Pelatihan Helly Rappelling merupakan program kerja yang pertama untuk melakukan kerja sama sekaligus mensosialisasikan SAR kepada Jurnalis.
Pelatihan yang dilakukan Kantor SAR Medan ini mendapat pujian dari banyak kalangan Jurnalis. Dan bagi para wartawan yang ikut pelatihan termasuk salah satu wartawan Harian Pelita (Lambok Manurung) menilai kegiatan tersebut sangat berharga. Apalagi pelatihan tersebut langsung praktek Lapangan yakni naik pesawat Helikopter milik SAR Medan dengan ketinggian 25-40 meter.

Wah, ini pengalaman cukup berharga dan bermanfaat mendukung kinerja kita, awalnya kita tidak berani terjun, akhirnya ketagihan juga”, Papar Rizky dari waratawan Radio Smart FM. Lain lagi dengan Farida (Wartawan Sumut) merupakan satu-satunya perempuan yang ikut Latihan Rappelling menuturkan keikutsertaannya merupakan pengalaman yang tak ternilai. Selain mendukung kinerja selaku jurnalis juga merupakan pengalaman luar biasa.
Sementara Kasat Brimob Polda Sumut sangat mendukung kegiatan pelatihan ini, dalam rangka menjalin kemitraan dengan masyarakat dengan melibatkan instansi lainnya. Kasat Brimob Kombes Pol. Drs. Setyo Boedi M.H, M.Hum menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerjasama yang telah dilaksanakan oleh Kantor SAR Medan dan TNI AU dalam mengantisipasi kejadian bencana yang kerap terjadi di wilayah NKRI belakangan ini.


Galery:












 

2 komentar:

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!