Minggu, 06 Mei 2012

PERINGATAN HARI JUANG BENTENG HURABA KE – 63 DI MAKOSAT BRIMOB POLDA SUMUT

IKATAN KELUARGA PEJUANG POLRI SUMATERA UTARA BENTENG HURABA BEKERJA SAMA DENGAN SAT BRIMOB POLDA SUMUT, MEMPERINGATI “ HARI JUANG BENTENG HURABA KE – 63 ” DI AULA KESATRIAAN MASKADIRAN SAT BRIMOB POLDA SUMUT PADA TANGGAL 05 MEI 2012. 
DALAM ACARA INI DIHADIRI OLEH WAKAPOLDASU BRIGJEN POL DRS. CORNELIS HUTAGAOL, MM, KADIS PENDIDIKAN PROV. SUMUT SELAKU PEMBINA KBPP SUMUT DRS. SYAIFUL SYAFRI, MM, KASAT BRIMOB POLDA SUMUT KOMBES POL DRS. SETYO BOEDI MH, S.H, M. HUM, PARA PEJABAT POLDA SUMUT, PARA KADEN, KASUBDEN JAJARAN SAT BRIMOB POLDA SUMUT, PENGURUS KBPP SUMUT, PURNAWIRAWAN, WARA KAURI PEJUANG POLRI / BRIMOB DAN ANGGOTA SAT BRIMOB POLDA SUMUT.
TANGGAL 05 MEI 1949 MERUPAKAN HARI PERTEMPURAN DI DESA HURABA TAPANULI SELATAN OLEH PEJUANG BRIMOB POLRI DAN TNI DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DARI AGRESI TENTARA BELANDA DI KERESIDEN TAPANULI SUMATERA UTARA, DALAM SEJARAH PADA WAKTU ITU PEMERINTAHAN DARURAT REPUBLIK INDONESIA ( PDRI ) BERKEDUDUKAN DI BUKIT TINGGI SUMATERA BARAT, APABILA BELANDA BISA LOLOS DARI DESA HURABA INI, MAKA TINGGAL SELANGKAH LAGI TENTARA BELANDA DAPAT MENGUASAI PDRI DI BUKIT TINGGI, TETAPI DENGAN SEMANGAT JUANG YANG TINGGI PARA BHAYANGKARA BRIMOB POLRI DAN TNI SERTA MASYARAKAT YANG DIPIMPIN OLEH KOMANDAN BRIMOB MASKADIRAN  BAHU MEMBAHU DALAM PERTEMPURAN DI DESA HURABA INI DALAM MEMPERTAHANKAN WILAYAH INDONESIA DAN MAMPU MEMUKUL MUNDUR PASUKAN TENTARA  BELANDA SAMPAI KE PADANG SIDEMPUAN, SEJAK PERTEMPURAN TERSEBUT BELANDA TIDAK PERNAH LAGI MENGINJAKKAN KAKINYA DI DESA HURABA, SAMPAI PENYERAHAN KEDAULATAN DARI BELANDA KE REPUBLIK INDONESIA DAN BELANDA MENGAKUI KEBERADAAN REPUBLIK INDONESIA.    
PERTEMPURAN DI DESA HURABA PADA TANGGAL 05 MEI 1949 DIJADIKAN HARI JUANG BENTENG HURABA DAN PADA TANGGAL 05 MEI 1981 DI DESA HURABA DIDIRIKAN MONUMEN PERJUANGAN BENTENG HURABA OLEH BAPAK KAPOLDASU BRIGJEN POL F. MONTOLAKU DAN DIRESMIKAN PADA TANGGAL 21 NOVEMBER 1981OLEH KAPOLRI PROF. DR. AWALUDIN JAMIN, MPA. 

DENGAN DIRESMIKAN MONUMEN JUANG BENTENG HURABA , MAKA SAT BRIMO BPOLDA SUMUT MEMILIKI MONUMEN JUANG YANG DAPAT DIJADIKAN MOTIVASI DALAM MENERUSKAN CITA – CITA JUANG PARA PEJUANG BRIMOB POLRI DI SUMATERA UTARA.



DALAM ACARA PERINGATAN HARI JUANG BENTENG HURABA INI , DIAWALI DENGAN MELAKUKAN PENGHORMATAN KEPADA ARWAH BAPAK BRIMOB POLRI KOMJEN POL DR. MOHAMMAD YASIN DENGAN MENUNDUKKAN KEPALA, DILANJUTKAN DENGAN LAGU INDONESIA RAYA DAN HENING CIPTA, DILANJUTKAN PEMBACAAN SEJARAH SINGKAT  BENTENG HURABA OLEH E. TAMPUBOLON, DAN PENUTURAN TENTANG PERTEMPURAN BENTENG HURABA OLEH PELAKU SEJARAH KOMPOL ( PURN ) H. MUHAMMAD RUSLI LUBIS, DILANJUTKAN KATA SAMBUTAN KETUA IKA BENHUR AKBP ( PURN ) ROYEN HUTAGAOL , DALAM SAMBUTANNYA BELIAU MEMINTA KEPADA GENERASI MUDA BRIMOB UNTUK TIDAK MELUPAKAN SEJARAH PERJUANGAN BRIMOB DI SUMATERA UTARA, KARENA BANGSA YANG BESAR SELALU MENGINGAT SEJARAH PARA PEJUANGNYA. SELANJUTNYA MENYERAHKAN BUKU SEJARAH BENTENG HURABA KEPADA KASAT BRIMOB POLDA SUMUT.
KADIS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA UTARA SELAKU PEMBINA KBPP DALAM KATA SAMBUTANNYA MENEGASKAN BAHWA SEJARAH ITU SANGAT PENTING, MAKA PADA SAAT BELIAU MENJABAT KEPALA PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA UTARA MEMBANTU MENERBITKAN BUKU SEJARAH BRIMOB BENTENG HURABA, DAN SEJARAH BENTENG HURABA DIJADIKAN MUATAN LOKAL DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN DI SUMATERA UTARA, SERTA MENGAJARKAN TERTIB LAU LINTAS DI SD,  SMP DAN SMA, DAN BELIAU MEMINTA KEPADA KAPOLDA  AGAR ANAK – ANAK POLRI DAPAT MASUK POLISI, SELESAI KATA SAMBUTAN KADIS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA UTARA MENYERAHKAN BUKU SEJARAH BENTENG HURABA KEPADA WAKAPOLDASU.

KASAT BRIMOB POLDA SUMUT DALAM ARAHANNYA SANGAT MENDUKUNG KEGIATAN HARI JUANG BENTENG HURABA KE – 63  TANGGAL 05 MEI 2012, DAN HARI JUANG BENTENG HURABA INI DIJADIKAN KEARIFAN LOKAL DAN SETIAP TAHUNNYA AKAN DILAKSANAKAN DENGAN BERBAGAI KEGIATAN DAN DIJADIKAN PROGRAM KEGIATAN SAT BRIMOB POLDA SUMUT SETIAP TAHUNNYA, SEPERTI HARI LAHIRNYA BRIMOB POLRI TANGGAL 14 NOPEMBER 1946, YANG SETIAP TAHUNNYA DIPERINGATI.
SETELAH KATA SAMBUTAN KASAT BRIMOB POLDA SUMUT, KAPOLDA SUMUT YANG DIWAKILI OLEH WAKAPOLDA SUMUT BRIGJEN POL DRS. CORNELIS HUTAGAOL, MM, MEMBERIKAN ARAHAN DAN BIMBINGAN KEPADA SELURUH UNDANGAN DAN HADIRIN, DALAM PENGARAHANNYA WAKAPOLDASU MENGINGATKAN KEPADA KITA SEMUA UNTUK TIDAK MELUPAKAN SEJARAH DAN TRADISI, KARENA DENGAN BELAJAR DARI SEJARAH DAN TRADISI KITA BANYAK MENGENAL MAKNA KEHIDUPAN, PADA KESEMPATAN BERIKUTNYA  WAKAPOLDASU MENGINGATKAN KEPADA KBPP UNTUK MENGORGANISASIKAN ANAK – ANAK POLRI YANG AKAN MASUK POLISI MEMPERSIAPKAN MENTAL , FISIK, DAN PENGETAHUAN – PENGETAHUAN LAINNYA SEHINGGA ANAK POLRI TIDAK KALAH BERSAING DENGAN ORANG UMUM. 

SETELAH MEMBERIKAN ARAHAN DAN BIMBINGAN WAKAPOLDASU MELAKUKAN PEMOTONGAN NASI TUMPENG YANG DISERAHKAN KEPADA PELAKU SEJARAH KOMPOL ( PURN ) MUHAMMAD RUSLI LUBIS DAN AKBP ( PURN ) H. SUHARI ANNGOTA YANG BARU MEMASUKI MASSA PENSIUN. 
DENGAN ADANYA HARI JUANG BENTENG HURABA, SAT BRIMOB POLDA SUMUT MEMILIKI SEJARAH PERJUANGAN YANG MEMBANGGAKAN DAN HARI JUANG INI DIJADIKAN TRADISI BAGI SAT BRIMOB POLDA SUMUT UNTUK DIPERINGATI SETIAP TAHUNNYA.
SELAMAT HARI JUANG BENTENG HURABA KE – 63 TANGGAL 05 MEI 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk menuju citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Kamtibmas!